Kehadiran internet ternyata tidak hanya mengubah kebiasaan seseorang dalam mengakses informasi, namun juga pasar. Lewat konsep e-commerce, pasar bertransformasi tidak hanya offline tetapi juga online. Mekanisme pasar yang disebut terakhir ini kian melambung namanya dengan kehadiran beberapa platform jual beli online seperti eBay. Di Indonesia pun mulai menjamur mulai dari Kaskus hingga Toko Bagus.
“Kini dengan kehadiran berbagai penjual online, pembeli tidak perlu susah-susah untuk keluar rumah. Tinggal cari, klik, transfer, barang pun diantar. Lebih hemat sebenarnya dibanding harus datang ke toko offline, terlebih dengan kemacetan di Jakarta,” ujar William Tanuwijaya, pendiri gerai toko online Tokopedia. Dengan kehadiran e-commerce, menurutnya kini terdapat setidaknya 4 model bisnis paling poluler.
Yang pertama adalah model iklan baris. Model ini seperti memindahkan toko offline ke online. Mereka yang memiliki toko offline bisa mempromosikannya lewat iklan baris di platform internet. Tujuannya jelas, dengan penetrasi internet kian tinggi, orang yang melihat iklan baris semacam ini juga akan banyak. Apalagi jika iklan baris online ini dipasang di situs-situs dengan pengunjung masif.
Model kedua adalah toko online, dengan format berjualan langsung kepada konsumen. “Ini konsepnya seperti Electronic Solution. Ambil barang dari vendor lalu jual ke konsumen,” terang William. Lalu yang ketiga adalah pasar online atau biasa disebut marketplace. Konsepnya tidak ubahnya seperti mall, konsumen datang ke toko lalu membeli langsung barangnya.
Di online, konsumen tinggal search barang diinginkan, bayar, lalu bisa tracking sudah sampai mana barang pesanannya. “Di Indonesia model ini seperti situs garapan saya, Tokopedia. Dan uniknya, pemain di model paling banyak adalah ibu-ibu rumah tangga. Kedua baru orang kantoran,” sambungnya. Dan terakhir, model keempat adalah mengadopsi dari budaya Amerika Serikat (AS), yaitu model kupon diskon.
Konsep ini sudah mulai menjamur dengan banyaknya merchant-merchant yang menawarkan promo lewat potongan harga berbentuk kupon. Tinggal mencari kupon diskon, lalu belanja dengan harga diskon. Di Indonesia sendiri situs online yang menawarkan ini seperti Groupon. Dan kupon ini mulai diperjualbelikan, salah satunya di GiftCard.co.id. “Tujuan utama dari kehadiran model-model bisnis ini adalah untuk memberi konsumen alternatif berbelanja,” tutup William.
0 komentar:
Posting Komentar