Ghiboo.com - Kesalahan-kesalahan kecil di tempat kerja kadang memang tak terelakkan. Namun, jika Anda masih muda dan baru memulai karier, ingat... perjalanan masih panjang. Awali dengan baik agar Anda tak menyesal nantinya.
Dengan bantuan beberapa pakar karier berpengalaman, Cosmo akan memberitahu Anda career mistakes yang sangat mungkin untuk Anda lakukan.
Pelajari dan cobalah untuk menghindarinya agar jenjang karier Anda di tempat kerja berjalan mulus.
1. Anda Keluar dengan Tidak Baik-Baik
"Never burn bridges. The world's too small," ujar Cindy. Kabar kurang sedap akan lebih cepat beredar. Anda bisa menjamin bahwa bos baru tidak mengenal bos lama Anda?
Undur diri dari suatu perusahaan secara baik-baik bisa memberi kesan positif di mata atasan lama maupun calon bos Anda.
2. Anda Berganti Pekerjaan untuk Alasan Yang Salah
Anak muda cenderung mudah berganti-ganti pekerjaan hanya dengan iming-iming kenaikan gaji yang sebetulnya tidak terlalu signifikan.
Here's the deal, ladies, saat mulai memasuki dunia kerja, pengalaman jauh lebih penting daripada uang. Lagipula, terlalu sering berpindah tempat kerja akan membuat Anda tampak kurang meyakinkan di mata calon atasan.
3. Anda Berbicara Terlalu Banyak
Ini sama buruknya dengan mendengarkan terlalu sedikit, jelas Haydee Antezana dari Professional Impressions, sebuah konsultan karier.
"Saya pernah mengunjungi seorang klien, dan sekretarisnya mengantar saya ke ruangannya sambil berkata, 'Maaf jika bos saya agak kurang bersemangat. Ia baru saja digugat cerai istrinya.' Itu sudah pasti too much information," kisah Haydee.
Meskipun di mata teman-teman Anda tampak ramah dan supel, tapi di depan klien hal semacam ini membuat Anda kurang profesional.
4. Anda Bertahan di Pekerjaan yang Tidak Sesuai
Sebaliknya, salah satu kesalahan terbesar yang mungkin dilakukan di awal karier adalah bertahan di pekerjaan yang tidak memiliki masa depan cerah bagi perkembangan karier.
Dan Anda khawatir jika terlalu cepat memutuskan resign akan berakibat buruk bagi CV Anda. Tak ada salahnya untuk pindah ke tempat yang menjanjikan.
5. Anda Tidak Bisa Berkata Tidak
Ada kalanya Anda perlu berkata tidak untuk tugas-tugas yang tidak masuk akal. "Bukan apa yang dikatakan, melainkan bagaimana Anda mengatakannya," jelas Haydee. Selalu jelaskan alasan-alasan Anda secara tenang, sopan, namun tegas.
6. Anda Bergosip
"Sebagian besar pekerja berusia 20an tidak menyadari pentingnya untuk mengabaikan atau tidak kabar burung," ujar Cindy Norcott, pemilik agensi tenaga kerja.
"Saya sering melihat banyak pekerja yang tidak diperpanjang kontrak karena ketahuan hobi bergosip." Tak ingin terjadi pada Anda, kan?
7. Anda Bersikap Arogan
Satu lagi masalah umum yang dimiliki oleh pekerja berusia 20an yang baru lulus dari bangku perguruan tinggi: merasa paling pintar dan tahu segalanya. Well, sudah pasti jika Anda bersikap demikian maka rekan kerja yang lain akan tidak suportif bagi kemajuan karier Anda di perusahaan.
Ada istilah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Jangan tersinggung apabila si bos minta dibuatkan kopi--just do it!
0 komentar:
Posting Komentar